ropiudin

Manfaat belajar coding versi Ropiudin

Written By Unknown on Saturday, October 25, 2014 | 6:05 PM



Pagi ini saya teringat dengan sebuah Quotes dari mendiang Steve Jobs, dalam Quotenya tersebut beliau bilang "Saya pikir semua orang harus belajar coding, karena coding mengajarkan anda berpikir." , saya sendiri sangat setuju dengan pendapat beliau, mengingat saya sendiri merupakan mahasiswa Teknik Informatika, yang setiap harinya belajar tentang coding.

Saya pikir, dengan kita belajar coding kita tidak hanya diajarkan untuk berpikir. namun, ada banyak hikmah dan pelajaran yang dapat  kita ambil dari belajar coding, adapun manfaat-manfaat yang akan saya jabarkan pada postingan kali ini, yaitu :

1. Melatih Logika

Dengan kita belajar coding, otomatis kita akan belajar yang namanya logika, dalam coding kita diajarkan bagaimana sebuah program dapat menampilkan output yang seperti kita inginkan, dan kita dituntut untuk berpikir dengan logika kita agar program tersebut sesuai dengan yang diinginkan, contohnya jika saya ingin membuat sebuah program segitiga, maka logika yang harus saya pikirkan adalah bagaimana bintang-bintang tersebut bisa berbentuk segitiga.

2. Problem Solving

Jika sebelumnya coding dapat melatih logika kita, maka manfaat selanjutnya adalah Problem Solving, dalam coding , tidak selamanya code program yang kita buat akan berjalan dengan lancar, bisa jadi ada beberapa error, nah pada bagian error ini kita diajarkan untuk menyelesaikan masalah, dalam penyelesaian masalah ini kita dapat aplikasikan pada kehidupan sehari-hari, contohnya jika hasil codingan kita ada yang error maka apa yang harus kita lakukan? tentu saja kita mencari code baris yang error lalu memperbaikinya, begitu juga dalam kehidupan sehari-hari apabila kita melakukan kesalahan,maka kita harus instropeksi diri kita sendiri,dan melihat apa yang salah dengan diri kita, lalu kita memperbaiki diri kita dalam kehidupan sehari-hari.

3. Melatih Kesabaran

Prinsipnya hampir sama dengan manfaat sebelumnya, dalam prinsip sebelumnya ada yang disebut dengan error, nah jika kita sudah mencoba untuk memperbaiki program kita, tapi masih tetap error, maka kita harus tetap bersabar agar program coding yang kita buat akan jalan, dan cobalah untuk tenang dan berpikir sejenak hingga kita bisa menemukan problem solving dari error yang terdapat pada codingan yang kita buat, begitu juga dalam kehidupan apabila kita belum menemukan problem solving dalam kehidupan kita,maka yang harus kita lakukan adalah tetap bersabar dan tetap tenang, hingga akhirnya kita dapat menemukan problem solving yang kita butuhkan.

Dari tiga manfaat belajar coding yang telah saya jabarkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kita mempelajari coding, mungkin untuk saat ini itu dulu yang saya jabarkan, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan SEMANGAT NGODING :D , I'M PROGRAMMER I HAVE NO LIFE :D