ropiudin

Digital cultures understanding new media

Written By Unknown on Sunday, October 12, 2014 | 6:39 AM



Pagi ini saya membaca sebuah ebook tentang Digital Cultures Understanding New Media oleh Glen Creeber dan Royston Martin , Dalam buku Digital cultures understanding new media , penulis menekankan tentang New Media , sebenarnya apa sih New Media itu , dalam buku ini kita harus memahami apa itu New Media , New Media sendiri terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media , dalam bahasa indonesia New artinya baru dan Media adalah Media atau perantara , yang apabila digabungkan berarti Media Baru.

Pada teori digital, konsep dari pemahaman perkembangan zaman pada teknologi dan ilmu pengetahuan . dari dulunya yang serba manual kini dapat dikerjakan secara otomatis. Digital sendiri merupakan hal yang sangat komleks dan fleksibel yang dapat dikaitkan dalam kehidupan manusia.

Adapun jenis media dibagi menjadi 2 , yaitu :

1. Media Lama

Media lama sendiri yaitu merupakan media lawas yang telah berkembang dalam beberapa waktu lalu , Media lama sendiri meupakan pelopor dari media baru, dan merupakan pelopor pertama kali sebagai pelopor pemberi informasi kepada manusia.

contoh : Koran,Yellow Pages ,dsb

2. Media baru

Media baru sendiri merupakan perkembangan dari media lama , yang sedang mengalami perkembangan pada saat ini dalam konteks teknologi dan informasi.

contoh : Internet , Sosial Media , dsb

Contoh penerapan dari new media sendir salah satunya yaitu facebook , facebook merupakan situs jejaring sosial yang diciptakan oleh Mark Zukerburg , di indonesia sendiri facebook memiliki user yang sangat banyak , dalam pemanfaatan facebook sendiri dalam new media salah satu fiturnya Group , dengan group yang ada pada facebook kita dapat saling bertukar informasi dengan sesama pengguna facebook , bisa saling berdiskusi secara online , dan juga bisa saling berbagi file.


SOURCE :

CREEBER GLEN, MARTIN ROYSTON, DIGITAL CULTURE UNDERSTANDING NEW MEDIA.
AND MYSELF WITH MY MIND , HOTHASI ALVER, GUNADARMA UNIVERSITY, TECHNOLOGY OF INFORMATIC,

http://hitamputihduniaputri.blogspot.com/2011/09/new-media.html

0 komentar: