ropiudin

Cloud Computing

Written By Unknown on Sunday, October 5, 2014 | 6:38 PM


 

Siapa yang tak kenal dengan teknologi yang sedang booming ini, "Cloud Computing" yang dalam bahasa indonesia berarti komputasi awan , lalu, apakah dalam cloud komputing kita menaruh komputer di awan? hahaha , tentu saja tidak, awan yang dimaksud dalam cloud computing disini adalah internet . jadi dalam cloud computing ini adalah kita dapat mengaksis program-program yang ada diinternet(awan) tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Contoh pengaplikasian dari cloud computing ini adalah dropbox , saya sendiri merupakan pengguna dropbox , pada dropbox kita bisa menyimpan file-file kita secara awan atau cloud , kita bisa mengakses file-file yang kita miliki di dropbox dimana saja , dengan syarat harus terhubung dengan internet .

Contoh lain dari cloud computing yaitu Google Drive hampir mirip dengan dropbox , Google drive juga menyediakan layanan penyimpanan online di awan , pada Google drive kita diberikan jatah 5 GB untuk menyimpan file-file yang kita miliki , Google Drive sendiri merupakan pengembangan dari Google docs, yang mana pada Google Docs kita dapat membuat dan mengedit dokumen kita secara online seperti spreedsheet, dan word , sama seperti Dropbox dengan Google drive kita dapat mengakses file-file yang kita miliki dimana saja secara online , seperti di smartphone,tablet,pc,laptop,dll yang terhubung dengan internet.

Tidak hanya itu, contoh lain dari cloud computing yaitu email , email yang biasa kita gunakan sehari-hari tersebut merupakan bagian contoh dari cloud computing , tanpa harus mendownload software seperti outlook kita bisa mengaksesnya melalu browser dan tentu saja kita bisa mengaksesnya dimana saja , sama seperti Dropbox dan Google Drive.


Adapun, manfaat dengan adanya cloud computing yaitu kita bisa lebih menghemat storage untuk menyimpan datakarena data kita tersimpan di cloud , kefleksibilitasan cloud computing yang dapat diakses dimana saja tentu saja kita bisa mengambil file yang kita miliki di cloud computing jika lupa membawanya .

jadi , cloud computing merupakan komputasi awan ,dimana kita menyimpan data dan melakukan kegiatan komputerisasi kita dikomputer , dengan cloud computing kita dapat mengakses data-data yang kita miliki dimana saja , asal perangkat yang kita miliki terhubung dengan internet.

Sumber : 

http://11106-if-unsika.blogspot.com/2011/10/manfaat-cloud-computing.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://ikaddanu.blogspot.com/2013/04/cloud-computing-serta-contoh-aplikasinya.html

0 komentar: