ropiudin

Pengembangan web dan bahasa pemrograman web

Written By Unknown on Saturday, April 25, 2015 | 7:29 PM

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh87rwSx48ddRVSQQEgf_6fw0xpL96k5JvRL1W_nMzugGdP3suxVJ4FFLRZmgj4zGeGMPySaCXIBryZRr_33PNxPlEePC4AyBqSLDscL3Z6pn43ADqJspZM7hb7BPYm0YoEkCixNN0qnPD8/s1600/web+development+tips.jpg




Sebelumya saya telah memposting tentang " Arsitektur Web " , pada postingan kali ini mashi ada kaitannya dengan postingan saya sebelumnya, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pengambangan web dan bahasa pemrograman web, seperti biasa sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya kita mengetahui apa itu pengembangan web dan pemrograman web, pengembangan web merupakan suata pengembangan yang lumayan mudah kita hanya membutuhkan browser sebagai penampil hasil kodingan kita, dan text editor sebagai editor untuk menulis kode web yang kita inginkan, sedangkan bahasa pemrograman web diambil dari dua kata, yaitu pemrograman dan web , pemrograman sendiri diartikan sebagai sebuah proses/cara untuk membuat sebuah program, sedangkan web merupakan jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan konten teks, grafic, suara, dan animasi melalui http.

adapun fase - fase dalam pengembangan web, diantaranya yaitu :

-     Fase Requirement 
Fase menentukan apa yang dibutuhkan, tujuannya, apa yang ingin dicapai, ada referensi atau contoh, sasarannya.

·       Fase penentuan feature dan fungsi 
Pada tahapan menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

·       Fase pengumpulan data 
konten, gambar, dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi.

·       Fase analisa dan perancangan 
Pada tahapan ini mencoba menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan.

·       Fase coding 
Pada tahapan ini adalah penulisan kode program.

·       Fase setup and testing 
Pada tahapan ini melakukan setup di server dimana aplikasi web nanti akan akan dijalankan.

·       Fase launchingPada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka  akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya.

Selain itu, dalam bahasa pemrograman web terdapat berbagai macam bahasa yang dapat kita gunakan, diantaranya bahasa yang populer yang sering digunakan yaitu :

  • HTML (HyperText Markup Language)
Saya masih ingat jaman - jaman saya pertama kali belajar programming web, saya pertama kali belajar bahasa pemrograman web menggunakan bahasa HTML, selain syntaxnya mudah, ada banyak penyedia hosting HTML yang gratisan, HTML sendiri merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

contoh syntax HTML : <a href="http://ropiudin95.blogspot.com">ropi</a>

  • PHP (Hypertext Preprocessor)
PHP merupakan bahasa pemrograman yang sedang saya gandrungi belakangan ini, selain banyak yang menggunakan PHP sebagai pemrograman web, PHP juga memiliki banyak hosting yang gratis mendukung PHP, selain itu PHP juga merupakan bahasa pemrograman web paling populer saat ini . PHP sendiri merupakan  bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

 contoh syntax PHP :
<?php
     echo “Ropiudin”;
?>

  • ASP(Active Server Pages)
ASP merupakan bahasa pemrograman yang disediakan microsoft, saya sendiri belum pernah belajar tentang ASP, karena harga server yang mendukung ASP lumayan mahal, mangkanya saya lebih menyukai bahasa PHP dibanding ASP, ASP sendiri merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

contoh syntax ASP :  
<%Response.write(“Ropiudin”)  %>
 

  •  dan lain sebagainya
dari ketiga bahasa pemrograman web yang telah saya sebutkan diatas, masih banyak bahasa pemrograman web yang tidak dapat saya jabarkan, saya rasa tiga bahas pemrograman web populer tersebut sudah cukup.


kesimpulan, dari postingan saya diatas adalah terdapat korelasi antara pengembangan web dan bahasa pemrograman web, dalam pengembangan web kita merencanakan apa-apa saja yang dibutuhka untuk membuat sebuah web yang kita inginkan, lalu diimplememtasikan dalam bahasa pemrograman web beberapa contoh bahasa pemrograman web adalah HTML,PHP,ASP, dan lain sebagainya. demikian posting saya kali ini, saya harap dapat menambah wawasan kita dalam hal Pengembangan web dan bahasa pemrograman web.

Source :

http://thinkrooms.com/2009/06/09/metodologi-pengembangan-aplikasi-web/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web 

0 komentar: