ropiudin

Dampak sosial media dalam kehidupan sehari-hari

Written By Unknown on Sunday, December 7, 2014 | 12:21 AM


Sudah lama saya tidak posting karena sibuk dengan kuliah, pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang dampak sosial media dalam kehidupan sehari-hari, tulisan ini saya buat untuk melengkapi tugas softskill saya di kampus, sebelum kita membahas tentang sosial media, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu sosial media, menurut wikipedia Sosial Media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Setelah kita mengetahui definisi dari sosial media tentu kita sudah tak asing lagi dengan yang namannya sosial media, sebenarnya sosial media sering kali kita gunakan sehari-hari, contohnya facebook situs jejaring sosial tersebut merupakan salah satu sosial media yang sedang booming saat ini, saya rasa hampir seluruh pengguna internet diindonesia memiliki akun dijejaring sosial tersebut.

Dengan sosial media tersebut kita bisa terhubung dengan orang yang jauh, berkenalan dengan orang-orang baru, bisa berbagi cerita, dan lain-lain. dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang dampak sosial media dalam kehidupan sehari-hari baik yang positif maupun negatif. berikut akan saya jabarkan dampak sosial media dalam kehidupan sehari-hari :

DAMPAK POSITIF

1. Menambah relasi 
Relasi adalah hal yang baik dalam kehidupan kita, dengan memiliki banyak relasi tentu saja kita akan mudah meminta bantuan saat kita kesusahan, tidak hanya itu relasi juga dapat membantu kita dalam hal bisnis yang kita miliki.

2. Mudah berbagi ilmu pengetahuan
Dengan adanya sosial media, berbagi ilmu tidak hanya melalui buku dan sejenisnya yang bersifat konvensional. sekarang kita bisa dengan mudah berbagi ilmu yang kita miliki contohnya saja melalui blog ,catatan facebook,dll.

3.Informasi lebih cepat didapat
 Jaman sekarang hampir setiap orang memiliki gadget yang tersambung dengan internet, apalagi gadget tersebut sudah dilengkapi dengan fitur sosial media, sifat sosial media yang realtime tersebut, membuat informasi sangat mudah didapat dan cepat berkembang.

4. Media promosi
Seringkali kita meilihat orang lain mempromosikan produknya disosial media, menurut saya dengan adanya media sosial seperti jejarin sosial facebook adalah sasaran empuk bagi kita untuk mempromosikan produk yang kita miliki mengingat jumlah pengguna sosial media yang banyak dan beragam.

5. Menjadi orang terkenal
pembaca blog saya mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya Norman Kamaru, Shinta & Jojo, tegar, dan lain-lain. dengan sosial media kita bisa menjadi artis online yang terkenal asal kita kreatif, upload saja video kreatif kita di youtube.
 
DAMPAK NEGATIF

1. Predator seks mudah beraksi
Jika kita melihat berita-berita, tentu kita tahu bahwa banyak korban-korban predator seks yang memanfaatkan sosial media sebagai amunisinya untuk melakukan hal bejat tersebut. predator seks itu biasanya bengincar anak-anak dibawah umur yang masih polos untuk dijadikan mangsanya, hal yang terbaik dilakukan orang tua adalah dengan mengawasi anak-anaknya dalam melakukan aktivitasnya diinternet.

2. Terjadi banyak penipuan
Dengan adanya sosial media ini, tentu saja menjadi sasaran empuk bagi penipu-penipu didunia maya, tidak sedikit orang-orang tertipu dengan penipuan itu, contohnya saja penipuan yang sedang marak saat ini adalah online shop palsu, biasanya online shop palsu mengiming-imingi korbannya dengan barang yang harganya yang sangat miring dan tidak masuk akal, apabila anda menemukan online shop dengan harga yang miring, anda patut curiga dengan online shop tersebut.

3. Mengurangi produktifitas
Sosial media memang sangat menyenangkan, apalagi sekarang sudah banyak situs-situs sosial media yang memiliki fitur yang menarik dan adiktif, contohnya facebook banyak sekali game-game menarik difacebook, karena hal tersebut kita keasyikan bermain hingga lupa waktu.

Dari tulisan saya diatas kita dapat simpulkan bahwa sosial media memiliki dampak positif dan negatif, dari dampak tersebut dapat kita pelajari hal-hal apa saja yang harus kita lakukan saat berinteraksi dengan sosial media, agar dampak negatif sosial media tidak menimpa pada diri kita atau keluarga kita sendiri.

SOURCE :

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

0 komentar: